Tuesday, February 02, 2010

Kelahiran dan Kematian

Pagi ini seperti biasa saya melakukakan kegiatan rutin untuk menelepon abah saya di kampung, kami berbicara panjang lebar tentang beberapa hal dan tidak lupa saya selalu menanyakan ada kabar apa di rumah, abah bercerita tentang kondisi adik saya yang sedang hamil tua yang kini hanya menunggu kelahiran calon keluarga kami yang baru (semoga Allah memberi keselamatan, kemudahan dan menjadikan anaknya anak yang shaleh) dan abah juga bercerita bahwa hari ini ada tetangga kami sebelah rumah yang meninggal (Innalillahi wa inna ilaihi rojiun : Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa ‘afihi Wa’fu ‘anhu).

Kelahiran dan kematian merupakan dua keping yang tak bisa dipisahkan,, seperti ketika ada atas maka ada bawah, ketika ada sehat maka ada sakit, ketika ada bahagia maka ada duka, ada jauh maka ada dekat, ada baik maka ada buruk, dan lain sebagainya.

Kelahiran terjadi setelah proses kehamilan oleh seorang ibu selama kurang lebih Sembilan bulan sepuluh hari, selama hamil ada beberapa fase juga yang ada dan kalau kita melihat fase perkembangan itu melaui Ultrasonography (USG) kita akan berdecak kagum dengan gerakan dan tingkah laku janin selama dalam kandungan ibu, kelahiran merupakan momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang karena hal itu merupakan sebuah hal membahagiakan dan biasanya ditandai dengan kebahagian dan tawa semua orang.

Kematian merupakan lepasnya nyawa dari tubuh manusia, hal tersebut terjadi disebabkan karena berbagai macam hal seperti, sakit, kecelakaan, peperangan ataupun tanpa sebab apapun dan secara tiba-tiba mati. Mati merupakan hal yang paling banyak ditakuti manusia, akan tetapi ada pula manusia yang merindukan kematian (kaum sufi) karena kematian merupakan pintu perjumpaan dia dengan Allah SWT, tapi hal tersebut bukan pada manusia biasa. Kematian seseorang biasanya menimbulkan duka bagi yang ditinggalkannya.

Pada hakikatnya kelahiran dan kematian merupakan kejadian yang sama yaitu proses peralihan manusia dari fase yang lain. Kelahiran merupakan proses peralihan manusia dari fase dalam kandungan ke alam dunia yang fana ini dan kematian merupakan fase peralihan manusia dari alam dunia ini ke alam kubur.

Kelahiran dan kematian merupakan dua keping yang tak bisa terpisah satu dengan yang lain. Kalau manusia yang sudah terlahir maka sudah dipastikan akan mati. Kalau tidak mau mati ya jangan mau dilahirkan. Kelahiran adalah momentum adanya kehidupan, kehidupan memiliki batas dan batas terakhir itu adalah kematian.

Sudahkah kita menyiapkan kematian kita?bekal apa yang kita punyai untuk menyambut kematian yang pasti menghampiri kita? Semoga kita semua nanti hanya akan mati dengan Husnul Khotimah.Amin.....Wallahu a’lam bishowab

Malang, 3 February 2010: 06.40

No comments: