Wednesday, August 23, 2006

Gelap Itu Indah....

Entan setyawan namanya……
Kisahnya membuat aku merinding kaku pagi itu. Dia bertutur tentang kisah hidupnya yang harus buta sejak lahir…
Daia telah cacat mata sejak lahir dia tumbuh terus hingga sekarang sudah berkeluarga dan memiliki seorang anak…
Dalam mimik wajah yang polos dia mengungkapkan keinginannya yang pada saat itu kontan membuat darahku seakan berhenti…
“ Sampai saat ini saya hanya ingin melihat wajah ibu yang melahirkan dan merawat saya hingga besar. Dan bahkan saya tidak bias membayangkan wajah ayah saya yang telah meninggal beberapa tahun lalu…,tapi saya pun yakin bahwa saya kan bertemu dengan beliau dan bisa menatap wajahnya sepuasnya di alam yang lain nanti…”
Kita sebagai manusia yang tidak buta mestinya harus banyak berguru pada entan sang buta. Pernahkah kita memncoba merenungkan berapa banyak yang terbuang sia-sia karena tidak dapat dengan maksimal mengabdi menjadi anak yang baik pada orang tua kita…?
Seseorang memang terkadang kurang bias mensyukuri sesuatu yang dimilikinya, dan biasanya dia merasa membutuhkan bila sesuatu itu tidak berada ditangannya…
Saya sempat mencoba untuk memejamkan mata beberapa saat, untuk berusaha merasakan keadaan entan, tapi apa yang kurasa saya merasakan kegelapan yang membelenggu, karena saya biasa menggunakan mata dlohir dalam melihat, akan tetapi yang dirasakan entan?dia merasa itu hal biasa ketika ia berjalan ia banyak menggunakan tongkat sebagai sensor rasa mata bathinnya untuk mencari jalan biar tidak tersandung atau bahkan terperosok dalam lubang.
Gelap kata entan adalah indah…karena bathinnya merasa terasah dengan baik di kegelapan matanya.
Bisakah kita mengasah mata bathin kita dengan mata terbuka?sehingga kita bisa mengetahui sebuah kebenaran dan keindahan hakiki bukan dari pandangan mata dlohir saja? ( terinspirasi oleh acara menjelang fajar SCTV )

No comments: